When You Get Over-Bored with…the Absence of Dessert

Dessert!

Nah ini nih yang seger-seger kalo lagi muter silaturahim ke rumah saudara. Topik yang asik buat dibahas di suasana lebaran kayak sekarang. Topik ini mengingatkan gw sama riset yang pernah gw bikin untuk mendesain ruang hobi masak. Ada beberapa informasi menarik nih di salah satu bahan riset gw ..

Food historians tell us the practice of ending a meal with something sweet probably had something to do with ancient medical ideas regarding digestion. Many of these ideas continued until the genesis of modern nutrition science (mid 19th century). Did you know ancient cultures avocated ending the meal with cheese because it was thought to aid digestion? Culinary evidence confirms peoples of ancient cultures enjoyed sweet treats such as cakes, cookies, confections, sugared nuts, and dried/candied fruits. These were typically the food of the wealthy classes. Other people might partake of these treats for special occasions (weddings, religious festivals). The idea of enjoying a sweet dessert every day by “average people” is a relatively modern concept. (http://www.foodtimeline.org/foodfaq7.html)

Jadi, di masa lampau pencuci mulut dianggap baik untuk pencernaan? Ternyata gak terjawab di publikasi penelitian ini.  Tapi yaudahlah ya selama pencuci mulut itu enak, there’s no worry! :9

Nah beberapa minggu yang lalu gw sempet nyobain dessert yang namanya Panna Cotta. Makanan ini semacam sodara jauhnya puding, yang berasal dari Itali. Putih, lembut, & lumer di mulut. Teksturnya mirip tofu mentah, tapi Panna Cotta ini lebih lembut. Cakep deh pokoknya!

Karena kemaren Panna Cotta ini rasanya gak terlupakan, jadi gw nyari deh resepnya. Resepnya gak asli Itali sih, tapi yang penting ada bahannya. And it’s very easy-peasy! 😀

 

IMG_0423

PANNA COTTA MANGGA

Bahan Panna Cotta:

2 sachet susu bubuk full cream
3 sdm gula pasir (jika suka lebih manis bisa gunakan 4sdm)
1/4-1/2 sdt agar-agar bubuk plain
300 ml air (susu plain)

Bahan saus mangga:

1/2 buah mangga
1-2 sdm air/jus buah
1 sdm gula pasir (skip jika mangga sudah manis)

 

Cara membuat:

1. Ini bagian yang paling asik 😀 Campur semua bahan Panna Cotta!

2. Aduk sampai larut, kemudian dimasak sampai mendidih.

3. Tuang ke cetakan dan biarin uap panasnya hilang. Tunggu sedikit sampai dingin, baru deh masukin ke kulkas.

4. Campur semua bahan saus mangga, lalu diblender.

5. Masak sebentar sausnya sampe mendidih, lalu dinginkan.

6. Keluarin Panna Cotta & saus mangga dari kulkas.

 

Ta daaa! Tinggal dituang sedikit saus mangganya, terus langsung disendok deh. Bahkan gak perlu piring lagi buat makannya :’)

 

Sumber:

– Zain, Shantie Ummu Naura. “Panna Cotta Carrot Manggo”. 20 Juni 2013, http://invisa.wordpress.com/2013/06/20/panna-cotta-carrot-manggo/, (9 Agustus 2013)

– Olver, Lynne. “The Food Timeline: history notes–meals & holiday entertaining”, The Food Timeline. 1 November 2011, http://www.foodtimeline.org/foodfaq7.html, (9 Agustus 2013)

Advertisements