#CiliwungMalang

sungai ciliwung

Lagi-lagi stream-tweets yang gagal posting karna sinyal 😉

 

Selama berabad-abad, perannya adalah sumber kehidupan. Itu sebabnya terbentuk peradaban manusia berbasis sungai di sepanjang badannya. #CiliwungMalang

Sekarang, keberadaannya dianggap bencana kalo ujan. Dikala kering? Tempat menebar sampah. #CiliwungMalang

Dari yang dulunya mata air, menjadi air mata bagi sekelilingnya. Salah siapa? #CiliwungMalang

 

Ini ngingetin gw sama pelajaran sosial pas SD, IPS. Gw pernah tau kalo manusia dulu mengincar tepian sungai sebagai tempat membangun peradaban. Kenapa? Karna air itu anugerah, kebutuhan penting buat manusia, menyuburkan tanah,… Dan yang gw baca di buku Ekspedisi Ciliwung KOMPAS 2009 (bukan promosi yaa), memang seperti itulah peranan Ciliwung dulu. Saksi evolusi peradaban manusia pinggir sungai dari berabad-abad yang lalu. Bahkan di buku itu juga diungkit kalo Ciliwung sempet menjadi ‘wajah kota besar ini’.

Tapi sejalan dengan perkembangan peradaban, manusia-manusia ‘kota ini’ sepertinya sudah tidak menggantungkan hidupnya lewat anugerah aliran airnya. Yaiya dong ya, coba aja kita liat di sekeliling Ciliwung apa isinya? Gedung, bangunan, jalan. Gak ada lagi lahan-lahan yang bisa diari kayak jaman dulu. Malah sekarang jadi ‘halaman belakang’ buat manusia-manusia ‘kota ini’. Segala sampah dibuangnya  ya ke sini, dari sampah rumah tangga, industri, sampai sampah hasil sampah masyarakat (baca: korban kriminal) pun dibuangnya ke sini :’

Kalo jaman dulu sungai adalah anugerah karena airnya menjadi hal yang mulia bagi lahan-lahan kebun dan sawah, terus jaman sekarang, terutama di kota yang mungkin lahan kebun, sawahnya udah berkurang, gak jadi berharga lagi? Pasti ada konversinya dong ke bentuk yang mungkin lebih kompatibel buat lingkungan sekitar Ciliwung yang sekarang, dan mungkin bisa menghapus citra ‘si sumber banjir’. Dari situ kita bisa menuai manfaat lagi dari si Ciliwung ini kan? Pertanyaannya: Kapan kita sadar tentang pemanfaatannya dan kapan kita bergerak? Yuk sama-sama kita pikirin 🙂

 

 

Advertisements